IBX5980432E7F390 Teknik Rahasia Cara Menjadi Pecatur Yang Handal - FesyenZee Blogs

Teknik Rahasia Cara Menjadi Pecatur Yang Handal

loading...
Cara Menjadi Pecatur Handal. Setiap orang dapat mencoba bermain catur, tetapi untuk menjadi pecatur yang mahir dan handal membutuhkan usaha dan teknik yang lebih. Bacalah artikel Teknik Rahasia Cara Menjadi Pecatur Yang Handal ini untuk belajar cara-cara mengembangkan kemampuan dan bakat catur Anda.
Teknik Rahasia Cara Menjadi Pecatur Yang Handal

Berikut adalah Teknik-Teknik Rahasia Cara Menjadi Pecatur Yang Handal


1. Bergabunglah dengan klub catur lokal. 
Bersosialisasi dan bersikaplah bebas. Jangan berusaha membuat diri sendiri merasa unggul dengan memilih lawan main yang jelas-jelas lebih buruk daripada Anda. Jika Anda membutuhkan cara untuk merasa lebih baik setelah kalah bermain, buatlah rencana cara mengalahkan lawan Anda.

2. Belajarlah bermain catur. 
Kemampuan Anda tidak akan membaik jika Anda tidak mengetahui aturan main atau bagaimana cara menjalankan buah catur dengan benar.

3. Selalu kembangkan menteri dan kuda. 
Pion terlalu sering digunakan dan dipertahankan. Sering kali, buah catur yang dapat mengembangkan permainan justru tidak dikembangkan dan akibatnya, lawan main akan menerobos pagar pion Anda menggunakan menteri.

Menggerakkan terlalu banyak pion akan melemahkan posisi raja dan membuat Anda rentan terhadap serangan. Menggerakkan banyak pion akan melemahkan struktur pion Anda di akhir permainan.

4. Pelajari nilai setiap buah catur. 
Pion/ bidak atau Pawn memiliki nilai satu. Kuda atau Knight dan Menteri/ Gajah atau Bishop masing-masing memiliki nilai tiga. Benteng atau Rook bernilai lima. Ratu atau Queen memiliki nilai sembilan. Ini hanyalah panduan, bukan strategi agar menang. Jadi, jika Anda memiliki langkah paksaan menang di tangan Anda, abaikan nilai buah catur.

Jangan mengorbankan buah catur dengan sia-sia. Rencana untuk mengorbankan buah catur tertentu dapat menguntungkan bagi Anda, tetapi kehilangan buah catur karena rencana yang buruk dapat merugikan Anda. Pertahankan buah catur Anda dan rencanakan pengorbanan dengan bijak.

Tidaklah menguntungkan menukar menteri (bernilai 3) dan kuda (bernilai 3) dengan sebuah benteng (bernilai 5) dan sebuah pion (bernilai 1) karena kuda dan menteri lebih kuat daripada benteng sedangkan pion hanya akan bermanfaat di akhir permainan.

Nilai-nilai ini bersifat relatif. Di posisi tertentu, sebuah menteri atau kuda lebih kuat daripada sebuah benteng.

Pertukaran (sebuah kuda atau menteri untuk satu benteng) tidaklah bernilai 2 walaupun tampaknya begitu. Umumnya langkah ini bernilai 1-1 1/2 poin. Oleh karena itu, 1-2 (kadang 3) pion sudah cukup menjadi kompensasi pertukaran.

5. Ikuti turnamen pertama Anda. 
Ikuti dengan rasa percaya diri bahwa Anda akan memenangkan permainan. Lupakan peringkat. Lupakan skor. Ikutilah turnamen dan bermainlah sebaik mungkin, kepercayaan diri akan membantu Anda bermain.

6. Temukan gaya Anda. 
Ada banyak gaya main dalam catur. Beberapa orang menyukai gaya agresif dan cepat menyerang, memainkan strategi tertentu atau gambit, atau mengorbankan buah catur. Sebagian orang memilih permainan posisi, umumnya menghabiskan banyak langkah untuk membangun posisi yang kuat sebelum menyerang. Cobalah berbagai gaya dan temukan apa yang Anda sukai.

7. Pelajari GM (grandmaster) favorit Anda. 
Belajar, bermain, belajar, bermain. Pelajari cara menggunakan teknik mereka dan cara menghadapinya.

8. Carilah pesaing. 
Temukan seseorang yang lebih mahir daripada Anda dan bersainglah dengan mereka. Buat mereka menjadi lawan main Anda. Berpartisipasilah di turnamen-turnamen yang sama dengan mereka. Biasakan diri dengan gaya bermain mereka dan manfaatkan untuk mengalahkan mereka dan orang lain. Jangan berpikir bahwa “pesaing” adalah orang-orang yang harus Anda kalahkan. Jangan terlalu bersedih saat Anda kalah. Lawan terus. Lagi. Dan lagi. Lakukan hal ini sampai Anda menguasai gaya mereka dan mengetahui cara menghadapinya.

9. Pelajari aturan-aturan dasar permainan akhir. 
Strategi permainan akhir, "Jika Anda memiliki lebih banyak buah catur, tukarkan buah catur bukan pion. Jika Anda memiliki lebih sedikit buah catur, tukarkan pion dan Anda dapat memaksa terjadinya seri.”
Tanpa pion, Anda setidaknya harus memiliki benteng untuk melakukan sekak. Satu-satunya pengecualian adalah saat ada dua kuda dan satu raja. Keadaan ini tidak dapat menghasilkan sekak paksaan terhadap satu raja.


  • Raja adalah buah catur yang kuat, gunakan untuk memblokir dan menyerang pion.
  • Menteri yang berlawanan umumnya selalu sama kuat karena tidak ada yang dapat menggunakan pion tanpa kehilangan menteri. Sebuah benteng dan menteri akan sama kuat dengan raja hitam apabila menteri tersebut berlawanan warna dengan warna kotak promosi ratu (queening).
  • Menteri lebih berharga daripada kuda kecuali dalam posisi pion terkunci.
  • Pion, benteng, dan menteri menjadi lebih berharga semakin lama permainan berlangsung. Jadi, cobalah mempertahankan pion, benteng, dan menteri Anda.
  • Banyak permainan yang berakhir seri dengan banyak pion di satu sisi papan. Sembilan puluh persen master berakhir seri saat seluruh pion berada di satu sisi papan karena lawan yang memiliki pion lebih sedikit akan menukar pion mereka dan mengorbankan kuda atau menteri untuk memakan sisa pion. Jika Anda hanya memiliki satu Menteri atau Kuda, Anda tidak dapat memaksakan sekak.
  • Benteng dan kuda atau benteng dan menteri sering kali hanya menghasilkan seri jika melawan sebuah benteng.
  • Di permainan akhir yang menggunakan ratu, pecatur yang dapat meletakkan ratu di tengah papan akan mendominasi permainan.


10. Baca salah satu dari sepuluh buku terbaik tentang catur. 

Di bawah ini adalah beberapa buku yang bagus:
"The Mammoth book of Chess"
"Logical Chess move by move" oleh Irving Chernev. Buku ini mengajarkan tentang cara menyerang raja saat pion Raja terbuka dan cara menggunakan posisi saat pion Ratu terbuka.
"My System" oleh Aaron Nimzovitch.
"Think Like a Grandmaster" oleh Alexander Kotov. Buku ini menjelaskan bagaimana menganalisis variasi sehingga Anda dapat memainkan permainan tengah Anda di tingkat yang lebih tinggi.
“Judgement and Planning in Chess" oleh Max Euwe. Buku ini adalah buku klasik yang menjelaskan cara menilai posisi berdasarkan keuntungan luas tempat, kombinasi, keuntungan permainan akhir, kemungkinan serangan terhadap raja, dan struktur pion.
"Bobby Fischer Teaches Chess" oleh Bobby Fischer. Buku klasik tentang taktik catur untuk pemula.
"Chess Master vs. Chess Amateur" oleh Max Euwe dan Walter Meiden. Buku ini menjelaskan bagaimana seorang master mengalahkan pecatur amatir dengan mengambil langkah-langkah yang tepat berdasarkan kebutuhan posisi tertentu.
"Practical Chess Endings" oleh Irving Chernev. 300 permainan akhir yang berawal sederhana, tetapi berakhir sulit.
"1001 Checkmates" oleh Fred Reinfield. Buku klasik yang membantu Anda mengenali sekakmat dan menghitung variasinya.
"Ideas behind the Chess Openings" oleh Reuben Fine. Menjelaskan strategi menjalankan langkah-langkah pertama sehingga Anda dapat mengingat dan memainkannya dengan lebih baik.
"100 selected games" oleh Botvinnik.
"Basic Chess Endings" oleh Reuben Fine. Sebuah buku klasik tebal yang menjelaskan seluruh tipe permainan akhir.
"Point Count Chess" oleh I. A. Horowitz. Sebuah buku klasik yang membahas 32 posisi dan cara menggunakannya agar Anda menang.
"How to win in the chess endings" oleh I.A. Horowitz. Buku ini menjelaskan strategi permainan akhir tanpa variasi yang rumit.
"Chess Fundamentals" oleh Jose Raul Capablanca. Buku ini mengajarkan langkah-langkah permainan awal, tengah, dan strategi akhir.

11. Struktur Pion Lemah adalah: 
Dua pion sejajar tidak dapat saling melindungi dan rentan serangan.
Pion yang terisolasi sifatnya lemah dan harus dilindungi buah catur lain.
Pion yang tertinggal sangatlah lemah dan menjadi target serangan oleh benteng.
Sebuah raja melawan raja dan satu pion dapat berakhir seri.
Sebuah benteng yang telah mencapai level tujuh sama berharganya dengan sebuah pion.
Zugzwang terjadi saat gerakan justru melemahkan posisi. Jika pecatur bergerak, posisinya menjadi lebih lemah (dia lebih baik tidak mengambil langkah), dan hal ini wajar terjadi dalam permainan catur.
Permainan akhir benteng dan pion adalah permainan yang paling rumit. Jadi, hindarilah.

12. Struktur pion yang kuat adalah: 
"Outside Pawn" atau “Pion Luar” memancing raja lawan ke sisi lain, membuat Anda dapat memakan sisa pion lawan atau menjalankan pion Anda ke seberang papan.
"Passed Pawn" atau “Pion Melintas” tidak terhalang pion lain dan harus terus dijalankan. Nimzovitch berkata, “Pion Melintas harus didorong”.
"Protected Passed Pawn" atau “Pion Melintas yang Terlindung” adalah pion melintas yang dilindungi oleh pion lain. Pion melintas yang terlindung memaksa lawan terus-menerus bertahan melawan serangan.

13. Perhatikan pola-pola yang cenderung membawa kemenangan. 
Jangan selalu mengikuti langkah ketiga tanpa kecuali. Pertimbangkan pengaturan buah catur dan putuskan apakah pertukaran memang dibutuhkan. Menukar buah catur adalah langkah yang baik saat Anda dalam posisi yang unggul. Anda akan dapat memaksakan kemenangan jika Anda mempromosikan pion menjadi benteng yang akan dikorbankan kemudian. Anda pun akan tetap dapat memaksakan kemenangan jika Anda mempromosikannya ke posisi ratu. Pastikan buah catur ini tidak berubah menjadi benteng atau menteri karena ratu dapat melangkah seperti benteng dan menteri. Penukaran buah catur menjadi ratu akan memungkinkan Anda menggunakan strategi kemenangan yang pada awalnya akan dijalankan menggunakan benteng. Gunakan keterampilan Anda mengenali pola untuk membuat lawan Anda salah langkah sehingga Anda dapat memenangkan permainan. Strategi ini membutuhkan pengetahuan tentang lawan main, kemampuan menyadari kesalahan-kesalahan yang telah dibuat lawan di awal permainan, atau kemampuan menyadari pola tipe kesalahan yang biasanya dilakukan oleh orang.

14. Unduh latihan blindfold chess. 
Metode ini akan melatih Anda mengingat dan mempelajari kembali buah catur mana yang menyerang kotak mana tanpa harus melihat papan. Saat bermain catur, otak Anda dipaksa mengingat informasi yang sangat banyak tentang keadaan papan. Anda tidak akan menemui banyak kesulitan memindahkan informasi yang biasanya Anda lihat ke dalam informasi dalam bentuk deskripsi (buah catur apa berada di mana). Anda bahkan perlahan-lahan akan terlatih melihat gambaran besar permainan, mengenali situasi papan yang rumit, dan memprioritaskan situasi tertentu untuk membuat langkah selanjutnya. Jika Anda mengalokasikan waktu yang sama berlatih catur biasa dan catur buta, Anda akan menjadi lebih baik dalam bermain catur buta daripada catur biasa. Namun, bukan berarti jika saat ini Anda sedang di tengah permainan, Anda akan memainkannya dengan lebih baik sembari menutup mata. Tujuan berlatih menggunakan blindfold chess adalah mempersiapkan diri menghadapi permainan di masa mendatang.

Source: wikihow
loading...
frontpage hit counter