IBX5980432E7F390 Tips Mencuci Baju Agar Tidak Gampang Rusak, Begini Caranya! - FesyenZee Blogs

Tips Mencuci Baju Agar Tidak Gampang Rusak, Begini Caranya!

loading...
Tips dan Cara Mencuci Baju Yang Benar | FesyenZee - Mencuci pakaian adalah salah satu rutinitas yang biasa dilakukan oleh wanita, khususnya ibu ibu. Meskipun kadang-kadang kaum laki-laki juga ikut ambil bagian saat mecuci pakaian. 

Dalam kasus aktivitas keseharian ini (mencuci baju dan pakaian), ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama, jangan sampai kita asal-asalan dalam mencuci baju sehingga membuat pakaian mudah rusak. Jika kita sembarangan saat mencuci pakaian, bisa jadi malah merusak material kain pada pakaian. 
Cara Mencuci Baju Agar Pakaian Tidak Mudah Rusak
Cara Mencuci Baju Agar Pakaian Tidak Mudah Rusak | IMG : wikiHow

Saat mencuci dan menyimpan pakaian, itu perlu dilakukan secara khusus pada setiap jenis kain yang berbeda. Seperti misalnya, jika baju berwarna putih harus dibedakan saat mencuci agar tidak terkena lumturan pakaian berwarna lainya.

Perihal cara mencuci pakaian yang benar agar baju tidak mudah rusak pun pernah dijelaskan oleh Nurul Akriliyati, seorang Dosen Bidang Fabric Fabric di Binus Northumbria School of Design (BNSD). Seperti yang dikutip dari laman Vemale.com

"Perawatan pakaian sebenarnya tergantung pada jenis serat kain atau fiber yang digunakan. Jadi tidak bisa disamakan satu sama lain," ungkapnya. 

Salah satu jenis kain yang banyak pakai dan cukup membingungkan dalam perawatannya adalah jenis kain sutera. Apalagi, kain jenis ini sering digunakan untuk gaun malam bergaya glamour. Harganya kain sutra pun tak murah. Jadi, perawatannya harus benar-benar ekstra tepat dan hati-hati agar tidak merusak dan membuat kusut pakaian. 

"Dalam pencucian, pakaian dengan kain sutera tidak boleh dicuci dengan mesin cuci, namun lakukan secara manual yakni dengan tangan. Penggunaan deterjen juga tidak dianjurkan karena mengandung zat senyawa alkali yang dapat merusak serat dan warna sutera akan cepat pudar." pesan Nurul. 

Jika kamu pengen menggunakan detergen, Nurul lebih menyarankan agar kita jangan memilih jenis detergen yang mempunyai kandungan pemutih pakaian di dalamnya. Sebab, hal ini bisa mengubah warna asli pakaian atau bahan pada kain. 

"Sutera kainnya cepat rapuh. Lebih baik jangan terlalu sering dicuci. Kalau bisa di dry clean saja kalau mau disteam. Kita sangat perlu hati-hati saat mencuci pakaian. Jangan sampai, metode mencuci yang kita lakukan salah dan pakaian kita pun akan semakin mudah rusak." ujarnya lagi. [FesyenZee | Vemale]
loading...
frontpage hit counter