IBX5980432E7F390 Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadianmu - FesyenZee Blogs

Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadianmu

loading...
FesyenZee | Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadianmu - Dilema dalam menentukan jurusan studi di perguruan tinggi favoritmu? Wajar jika ini terjadi pada dirimu sahabat, tentu ini karena berkaitan dengan masa depan dan hati. 
Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadianmu
Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadianmu | IMG IG: @rizkyshintiaw

Sebenarnya, setiap individu memiliki potensi unik sesuai kepribadian masing-masing. Tinggal bagaimana kamu mengeksplore potensi diri dalam menentukan jurusan kuliah yang paling kamu suka di Universitas incaranmu.

Ada analisis menarik perihal memilih jurusan kuliah yang cocok dengan kepribadianmu, Hal ini pernah diteliti oleh Psikolog dari Aarhus University di Denmark, Anna Vedel. 

Anna melakukan penelitian dasarnya menggunakan Teori Sifat Kepribadian “Model Lima Besar” atau dalam bahasa bulenya “Big Five Personality Traits Model”, dari hasil penelitianya menunjukkan bahwa terdapat korelasi (keterkaitan) antara kepribadian dan jurusan akademis.

Nah, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jurusan kuliah yang kamu pilih bukan hanya menentukan skor IQ yang kamu miliki, tapi juga dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadianmu.  

Berikut ini adalah Jurusan kuliah sesuai sifat-sifat Kepribadian yang umum dimiliki mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu.


#1. Mahasiswa Ekonomi


Mahasiswa jurusan ini memiliki kepribadian extraversion (sifat keterbukaan) yang tinggi, artinya memiliki tingkat kenyamanan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain, senang bergaul, mudah bersosialisasi, hidup berkelompok dan tegas. Tetapi rendah dalam keterbukaan dan tidak suka mencampuri masalah orang lain. Dan memiliki kepribadian neurotisisme yang rata-rata, yakni dalam hal menekan emosi atau stres.

#2. Mahasiswa Seni dan Ilmu Sosial


Mahasiswa dari jurusan ini memiliki kepribadian neuroticism (kepribadian stabil) yang tinggi atau kepribadian yang terbuka pada orang lain, percaya diri,  memiliki pendirian yang teguh. Namun rendah untuk conscientiousness, yakni cendurung kurang bertanggung jawab, terburu-buru, tidak teratur. 

Dengan dimensi kepribadian extraversion yang rata-rata, ini berkaitan dengan tingkat kenyamanan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain, yakni cenderung tidak suka mencampuri masalah orang lain.

#3. Mahasiswa Sains


Sementara, untuk mahasiswa sains memiliki keterbukaan yang lebih tinggi dibanding bidang lainnya. Dan menunjukkan tingkat menengah dari neurotisisme, atau tidak menonjol dari segi emosional.

#4. Mahasiswa Hukum


Mahasiswa dalam jurusan ini cencerung memiliki dimensi kepribadian extraversion yang tinggi, sama seperti pada jurusan ekonomi. Mereka juga cenderung memiliki kecermatan dan emosi yang cukup baik walau tidak bisa disebut sangat menonjol. 

Kecenderungan sifat yang muncul adalah keterbukaan diri serta keramahan yang cukup rendah.

#5. Mahasiswa Teknik


Mahasiswa jurusan ini memiliki kepribadian neourotisisme yang tidak menonjol, atau kecermatan yang dimiliki rata-rata. Dan juga memiliki nilai yang rendah dalam hal keterbukaan sifat.

Nah, dari kelima Jurusan berdasarkan sifat kepribadian diatas mana yang lebih sesuai dengan kepribadianmu? Yuk silahkan pilih jurusan kuliahmu untuk menggapai masa depanmu dengan hati ceria sahabat.. :)
loading...
frontpage hit counter