IBX5980432E7F390 18 Makanan Khas Paling Terkenal di Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba! - FesyenZee Blogs

18 Makanan Khas Paling Terkenal di Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba!

Makanan Khas Di Jawa Timur - Masing-masing daerah tentu memiliki makanan yang khas sebagai andalannya, seperti halnya di daerah Jawa Timur. Disana banyak banget jenis kuliner khas yang bisa kamu nikmati, misalnya saja yang paling terkenal ada Soto Lamongan dan juga Bakso Malang. 

Meskipun merupakan masakan khas, bakso malang dan soto lamongan bisa kita temukan dan kita nikmati tidak harus datang langsung ke Jawa Timur, karena makanan ini sudah banyak kita jumpai di daerah sekitar kita. Bukan hanya itu saja, masih banyak lagi makanan tradisional khas Jatim paling populer lainya, seperti yang akan kita ulas dalam segmen 18 Kuliner Paling Terkenal di Jawa Timur pada artikel berikut ini. Simak yaa..!

#1. SOTO LAMONGAN

Gambar dan Foto Soto Lamongan
Soto Lamongan | resephariini.blogspot.com

Seperti yang sudah kita singgung diatas, soto lamongan sangat populer untuk lidah orang Indonesia. Soto ini berasal dari kota Lamongan dan menjadi makanan khas daerah tersebut. 

Yang membedakan antara soto lamongan dan soto-soto lain adalah bubuk gurih yang digunakan sebagai bahan taburannya, namanya koya. Koya soto lamongan terbuat dari bahan kerupuk udang dan bawang putih. Heemm, tertarik untuk mencobanya? 

#2. BAKSO MALANG

Gambar dan Foto Bakso Malang
Bakso Malang | dailyresep.blogspot.com

Bakso Malang merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur, tepatnya berasal dari Kota Malang. Kuliner khas malang ini sudah sangat populer seantero negri, bahkan kabarnya sudah merambah ke luar negeri lhoo. 

Tenang, untuk menikmati kuliner khas Malang ini kamu nggak harus dateng langsung ke kota Malang kok. Cari aja bakso malang di daerah dimana kamu tinggal pasti dapet. Tapi biar afdol, datang aja langsung ke Kota Malang untuk meikmati kelezatan bakso malang yang melegenda ini.. 

#3. RAWON

Gambar Nasi Rawon

Kalau kamu berkunjung ke Jawa Timur, khususnya daerah Pasuruan. Coba deh kuliner khas yang satu ini, Yups rawon. Makanan berkuah dengan rasa lezat menggoda ini biasanya dimakan dengan nasi yang ditaburi bawang goreng dan kerupuk diatasnya. Adapun bahan rawon biasanya berisi tauge, sayuran hijau, telur dan juga daging sapi. 

Pengen nyobain makan khas Pasuruan ini? Ketika kamu berkunjung ke Pasuruan jangan lupa nikmati kuliner khasnya yaaa... 

#4. PECEL LELE

Gambar Pecel Lele

Pernah makan Pecel Lele kan? Tau nggak asal pecel lele itu dari mana? Yups pecel lele merupakan kuliner khas yang berasal dari Jawa Timur, lebih tepatnya Dari Lamongan. Untuk menikmati makanan khas lamongan ini kamu tidak harus repot-repot datang ke Lamongan, sebab kuliner jenis ini sudah menjamur di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Pecel Lele disajikan dengan cara lele di goreng garing dan dinikmati dengan sambal khas pecel lele, yaitu campuran cabai, tomat terasi dan bumbu2 lain. Lengkap dengan lalapan seperti mentimun dan juga daun kemangi. 


#5. LONTONG BALAP

Gambar Lontong Balap

Lontong balap merupakan salah satu kuliner khasnya Jawa Timur, terdiri dari berbagai macam bahan didalamnya. Ada lontong, tahu goreng, tauge, lenthok, kecap dan bawang goreng. Terus disiram dengan kuah bumbu dan sebagai pelengkapnya diberi sambal. Hemm, yang pasti rasanya lezat dan mantablhoo. Pengen nyoba? Dateng deh ke Jawa Timur.

#6. SAMBEL WADER

Gambar Sambal Wader

Ada yang tau ikan Wader? Ikan wader adalah ikan kecil air tawar yang sering kita temukan di sungai-sungai di sekitar kita. Di Jawa Timur, khususnya di daerah Mojokerto jenis ikan ini dijadikan kuliner khas yang nikmat lhoo.. Namanya SAMBEL WADER. Jika kamu berkunjung ke Mojokerto, disana kamu bakal menjumpai warung-warung makan yang menawarkan menu sambal wader nan lezat ini.

#7. LODHO AYAM

Gambar Lodho Ayam

Daerah Tulungagung juga punya makanan khas tersendiri, yupss LODHO AYAM namanya. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat makanan ini menjadi incaran kulineran bagi yang berkunjung ke Tulungagung. 

#8. RUJAK SOTO


Gambar Rujak Soto
banyuwangibahagia.com
Nah, kalau kamu sedang berkunjung ke Jawa Timur bagian timur sampai ke daerah Banyuwangi, ada satu jenis makanan unik yang bisa kamu cobain di sana. Namanya rujak soto. Makanan ini merupakan penggabungan antara rujak dengan soto kuning, jadilah Rujak Soto. Rujak disini yang digunakan adalah rujak yang dibuat dengan bahan dasar sayur yang dicampur dengan soto babat, dan terciptalah rujak soto bercitarasa unik dan khas.

#9. NASI KRAWU

Gambar Nasi Krawu Banyuwangi

Kota Gresik juga punya makanan khas yang unik lhoo, yaitu nasi krawu. Buat kamu yang pengen menikmati kuliner ini wajib datang kesini. Dijamin kamu bakal ketagihan dengan kelezatan Nasi Krawunya deh.

Nasi krawu memiliki ciri khas yg beda dalam penyajiannya, yaitu dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Bahan dasar Nasi krawu juga lengkap, ada daging sapi, jeroan sapi, serundeng, dan sambal trasi. Hemm, nggak kebayang gimana lezatnya masakan ini... 

#10. SEGO TEMPONG

Gambar Sego Tempong Banyuwangi
deasykus3012.blogspot.co.id
Sego tempong merupakan salah satu makanan tradisional khas dari Banyuwangi yang wajib dicoba. Kenapa dinamai sego tempong ya? Karena sego adalah nasi dan tempong artinya memukul atau menampar. Mungkin karena saking pedasnya kuliner yang satu ini terus dinamai Sego Tempong.. Unik yaa?

Adapun bahan sego tempong terdiri dari nasi dan sayuran pelengkap yang lezat. dilengkapi juga dengan sambal yang pedas sebagai saus yang disiramkan di atasnya. Ada tempenya juga, tahu, ayam goreng, dan bakwan jagung. Lengkap deh, kamu juga bisa pilih jenis lauk yang paling kamu suka..

#11. SATE MADURA

Gambar Sate Ayam Madura

Kuliner ini tentu sudah tidak asing lagi. Yups Sate madura, sate ini merupakan kuliner khas asli Madura yang paling populer. Sate khas ini memakai bumbu kacang yang halus sebagai bahan sausnya untuk menghasilkan cita rasa yang lezat.

#12. BEBEK SINJAY

Gambar Bebek Sinjay
eatorate.blogspot.co.id

Kalau kamu pecinta kuliner bebek, pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini, yups bebek sinjay. Makanan khas yang wajib kamu cicipi kalau mampir ke Daerah Bangkalan, Madura.

Bebek sinjay paling nikmat kalau dimakan bersama dengan nasi hangat dan kremesan, jangan lupa sambal pencit yang terbuat dari mangga mudanya juga. Lebih lagi yang bikin nikmat adalah olahan bebeknya yang empuk dan gurih, lidah akan bergoyang menari..

#13. GADO-GADO 

Gambar Menu Gado-gado

Makanan khas jawa timur lainya adalah Gado-gado. Makanan khas ini di sajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Dibuat dengan beraneka bahan seperti tempe, kentang, sayuran yang di rebus, tahu dan ketupat. Kelezatan gado-gado ini bisa kita nikmati dimanapun.

#14. NASI TUMPANG 

Gambar Nasi Tumpang

Makanan khas jawa timur yang selanjutnya adalah sego tumpeng. Makanan khas yang satu ini merupakan makanan asli Kediri, Jawa Timur. Nasi tumpang ini akan berasa nikmat jika dinikmati dengan sambal tumpang (sambal tempe bosok).  

#15. TAHU TEK

Gambar Tahu Tek
hprasetyo.wordpress.com

Tahu Tek merupakan salah satu makanan khas yang sangat populer di Jawa Timur. Tahu Tek ini mirip dengan Kupat tahunya Daerah Magelang. Adapun bahan yang wajib masuk adalah Tahu, mentimun, kentang goreng, lontong dan tauge yang dicampur dengan bumbu yang terbuat dari petis dengan kacang tanah yang sudah di goreng. 

Jika kamu sedang berkunjung di Jawa Timur, jangan lupa mampir menikmati kuliner khas Tahu Tek-nya yaa.. 

#16. PECEL

Gambar Pecel
bambangpriantono.wordpress.com
Blitar juga punya makanan khas andalan yang sangat lezat, yaitu Pecel. Panganan tradisional ini kerap menjadi buruan para pelancong untuk menikmati kuliner khas blitar paling populer dan lezat ini. 

 Selain Pecel Blitar, beberapa kota di Jawa Timur juga mempunyai pecel andalan dengan rasa yang khas, seperti misalnya pecel khas kediri, pecel khas malang dan pecel khas jember yang tidak kalah nikmatnya dari pecel-pecel lainnya.

#17. RUJAK CINGUR

Gambar Rujak Cingur

Makanan asli Jawa Timur yang tidak kalah nikmatnya dari makanan yang lain adalah makanan yang populer dengan nama Rujak Cingur. Makanan yang satu ini di buat dengan bahan utama cingur atau mulut sapi yang sangat enak jika di olah dengan baik, juga dilengkapi dengan bumbu rujak yang lezat. 

Memang tampak aneh jika makanan ini mempunyai bahan utama dari mulut sapi. Tapi jangan salah, kamu bakal ketagihan saat menyantap kuliner khas ini..

#18. RUJAK SOTO

Gambar Rujak Soto

Makanan khas jawa timur yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah masakan yang berasal dari Kota Banyuwangi, makanan khas jawa timur ini sangat populer dengan nama Rujak Soto. Sebenarnya Rujak Soto ini adalah perpaduan antara rujak dan soto kuning, sehingga tercipta sebuah makanan khas jawa timur yang sangat enak. Ternyata saat ini di kawasan banyuwangi banyak tempat makan yang menyajikan makanan khas jawa timur ini.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas lainya yang menarik untuk dibahas, sementara ini dulu yaa karena artikelnya sudah terlalu panjang..

Nah, itulah 18 Kuliner Paling Terkenal di Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba! Kalau di daerah kamu apa makanan khas yang paling pupuler? 
Didukung Oleh:
loading...
frontpage hit counter