IBX5980432E7F390 Begini Cara Merawat Kemeja Putih Agar Tetap Putih Bersih - FesyenZee Blogs

Begini Cara Merawat Kemeja Putih Agar Tetap Putih Bersih

loading...
Gambar Kemeja Putih
Menjaga kemeja putih tetap bersih dengan beberapa langkah
Fesyen Zee - Siapa sih yang tak punya kemeja putih di dalam lemari? Pakaian yang satu ini merupakan atribut yang wajib dimiliki bagi pria maupun wanita, ini dikarenakan baju putih tak pernah tergerus oleh trend baju masa kini dan yang jelas mudah untuk dipadankan dengan jenis fashion apa saja. 

Bukan hanya itu, kemeja putih pun dapat dikenakan untuk keperluan berbagai acara, baik itu acara formal maupun informal. Hal ini membuat pakaian kemeja putih menjadi salah satu yang sering masuk ke dalam alat mesin cuci Anda. Akibatnya, tak jarang banyak kemeja yang tadinya terlihat bersih cemerlang berubah menjadi kusam dan tak menarik lagi.

Namun nyatanya, menjaga kemeja Anda biar tampak tetap seperti warna asalnya bukanlah hal yang mudah dilakukan. Penyebab paling utama kemeja putih berubah warna menjadi kekuningan atau keabu-abuan adalah teknik dan cara mencucinya. Dilansir oleh wikihow.com, berikut ini adalah langkah-langkah tepat untuk menjaga agar kondisi kemeja putih Anda tetap sama seperti saat membelinya.

1. Pisahkan kemeja putih dengan pakaian berwarna

Menggabungkan kemeja putih dengan pakaian berwarna akan menimbulkan terjadinya transfer warna. Meskipun tidak terjadi kelunturan, kemeja putih akan berubah lebih gelap saat dicuci bersama dengan pakaian yang lebih gelap.

2. Pisahkan sesama kemeja putih sesuai dengan bahan dan warna

Jenis bahan dari kemeja putih Anda sangat perlu untuk diperhatikan saat Anda hendak mencucinya. Jenis Kemeja putih dengan bahan acetates dan acrylics bisa dicuci secara bersamaan, demikian pula dengan baju putih berbahan linen dan katun. Sedangkan untuk kemeja putih berbahan wool dan juga bahan lain yang lebih halus, sebaiknya dicuci secara terpisah dengan cara manual menggunakan tangan.

3. Bersihkan noda-noda di baju terlebih dahulu

Jika terdapat noda yang menempel pada kemeja putih Anda, sebaiknya dihilangkan dahulu sebelum dicuci. Hal ini akan lebih memastikan bahwa noda-noda tersebut sudah hilang sebelum proses pencucian selanjutnya. Gunakan detergen khusus untuk pakaian warna putih yang banyak dijual di pasaran, Lebih diutamakan mengandung enzyme atau oxygen bleach. 

Selain itu, Anda juga dapat memakai bahan-bahan rumahan seperti misalnya sabun cuci piring atau bahkan sampo bening yang dapat diaplikasikan langsung pada noda pakaian. Coba gunakan deterjen biasa untuk menghilangkan noda sambil digosok secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi. Pastikan juga Anda membaca label pakaian terlebih dahulu sebelum menghilangkan noda.

Setelah noda selesai dibersihkan, lalu rendam kemeja putih Anda dengan air panas. Hal ini dilakukan untuk membantu memecahkan komponen-komponen noda pada kemeja tersebut. Jika setelah langkah ini dilakukan tapi ini noda masih ada, ulangi lagi seperti langkah pertama. Jangan biarkan kemeja Anda kering terlebih dahulu sebelum noda benar-benar hilang dari pakaian.

4. Proses mencuci yang tepat

Setelah Anda memastikan bahwa kemeja aman terkena air panas, sebaiknya proses mencuci kemeja putih dilakukan dengan menggunakan air panas. Gunakan sabun atau detergen yang cukup. Bila perlu, tambahkan cairan pemutih pakaian agar kemeja Anda tetap cerah. Atau Anda juga dapat menggunakan air jeruk lemon, cuka atau cairan hydrogen peroxide dengan kadar 3% meutihkan pakaian. Jika sudah, pastikan kemeja yang baru saja dicuci dikeringkan di bawah cahaya matahari langsung.

5. Mesin cuci harus dalam keadaan bersih

Tips terakhir, bersihkan mesin cuci Anda secara reguler dan berkala agar sisa-sisa kotoran dari pakaian yang selesai dicuci tidak lagi tercampur dengan pakaian yang sedang dalam proses pencucian. Anda juga perlu memastikan air yang digunakan untuk mencuci pakaian tidak mengandung mineral tinggi. Hal ini merupakan salah satu penyebab baju putih dan kemeja putih berubah warna.

Nah, itulah beberapa tisp Cara Rawat Kemeja agar Tetap Putih dan bersih dari noda. Merawat pakaian adalah cara terbaik agar lebih awet dan tahan lama.
Sumber : liputan6.com
loading...
frontpage hit counter