IBX5980432E7F390 Cara Mengukur Lebar Dada - Rancang Busana - FesyenZee Blogs

Cara Mengukur Lebar Dada - Rancang Busana

Cara Mengukur Ukuran Lingkar Dada - Tips rancang busana yang akan dibahas pada artikel ini adalah tentang bagaimana cara mengukur lebar dada yang benar sesuai ukuran tubuh. Perlu beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan disini. Agar mengetahui cukup atau tidaknya sebuah baju dipakai seseorang, patokan yang biasa kita gunakan yaitu ukuran lingkar dada (LD). Sayangnya, LD tidak bisa diketahui hanya dengan melihat berat, ataupun tinggi badan seseorang saja. Ini disebabkan karena masing-masing ukuran dada tidak selalu berbanding lurus dengan tinggi atau berat badannya.

Gambar Cara Mengukur Lebar Dada

Nah, untuk menemukan ukuran lingkar dada yang pas. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan, karena cara mengukur lingkar dada pria dan wanita masing-masing berbeda. Lebih jelasnya silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Baca ini:  3 Cara Mengukur Lebar Bahu Yang Benar


## Mengukur Ukuran Dada untuk Wanita

Step 1 : Cari meteran kain. 

Tipe meteran kain ini mudah untuk dilingkarkan di sekitar tubuhmu, dan mengukur lekukan secara akurat. Jika kamu tidak punya, kamu bisa melingkarkan seutas benang mengelilingi tubuhmu, kemudian mengukurnya dengan sebuah penggaris.

Step 2 : Cari seorang teman untuk membantu kamu mengukur. 

Mengukur ukuran dadamu secara akurat sendirian itu sedikit rumit, jadi jika mungkin, lihat apakah kamu bisa menemukan teman untuk membantumu. Jika tidak, kamu harus ekstra hati-hati untuk memastikan meteran kainnya tidak merosot di bagian belakang.

Step 3 : Lepaskan bajumu, tapi biarkan tetap memakai bra. 

Kain ekstra hanya akan menambah beberapa sentimeter pada pengukuranmu. Karena kamu akan memakai bra di bawah baju yang kamu ukur, kain ekstra pada bra harus diikutkan dalam pengukuranmu.

Step 4 : Lingkarkan meteran kain mengelilingi dadamu. 

Posisikan supaya meterannya melintang dengan lantai, dan jatuh tepat di bawah ketiakmu. Lingkarkan mengelilingi punggungmu supaya ujung-ujungnya bertemu di bagian depan, mengelilingi bagian terlebar dadamu.

  • Jangan busungkan dadamu atau menghembuskan nafas; berdiri saja dengan normal.
  • Pastikan meteran kainnya tidak terpelintir.

Step 4 : Lihat ke cermin untuk menemukan ukuranmu. 

Tempat dimana ujung meteran kainnya bertemu dengan sisi yang lain adalah tempat dimana kamu akan menemukan nomor yang menyatakan ukuran dadamu.

## Mengukur Lingkar Dada untuk Pria

Step 1 : Temukan meteran kain. 

Tipe meteran kain ini terbuat dari bahan lembut yang membuatnya mudah untuk dililitkan ke tubuhmu. Jika kamu tidak punya, kamu bisa mengunakan seutas benang untuk dililitkan mengelilingi dadamu, dan ukur benangnya dengan sebuah penggaris untuk mendapatkan ukuranmu.

Step 2 :Pertimbangkan untuk meminta bantuan seseorang untuk membantumu mengukur. 

Kamu akan mendapatkan pengukuran yang paling akurat jika seseorang memegangkan meterannya untukmu, karena mereka bisa memastikan kalau sejajar dengan benar mengelilingi punggungmu. Namun, kamu masih bisa mendapat pengukuran yang cukup akurat jika kamu mau melakukannya sendiri.

  • Jika kamu harus membuat pengukuran sendirian, lakukan di depan cermin, supaya kamu bisa melihat kalau meteran yang mengelilingi tubuhmu sejajar dengan bawah lantai.

Step 3 : Lepaskan bajumu. 

Pakaian menambah lebar ekstra pada pengukuran, jadi lebih baik tidak memakai apa-apa di dadamu.

Step 4 : Lilitkan meterannya di sekitar dadamu. 

Geser meteran supaya mengelilingi dadamu dan jatuh tepat di bawah ketiakmu. Tempatkan dengan aman di sekitar bagian terlebar di dadamu, yang biasanya sering di atas atau tepat di garis puting. Jika kamu melakukan pengukuran sendiri, pastikan meterannya tidak menghadap terbalik supaya kamu bisa membacanya di cermin.

  • Pegang ujung-ujung meterannya dengan kedua tangan di depan tubuhmu, supaya kamu akan bisa melihat pengukurannya.
  • Lihat di cermin dan pastikan meteran kainnya tidak terpelintir.
  • Pastikan meterannya melingkar di ketinggian yang sama. Harus sejajar dengan lantai.

Step 5 : Berdiri dengan normal. 

Jangan busungkan dadamu atau regangkan otot-ototmu. Ini akan menambah beberapa sentimeter pada pengukuran dan membuatnya kurang akurat.

Step 6 : Catat ukuranmu. 

Lihat cermin ke tempat dimana di ujung meteran kain bertemu dengan sisa meteran kain di depan dadamu. Nomor ini adalah ukuran dadamu.

  • Jangan menunduk melihat meteran untuk membaca ukuranmu, karena ini bisa menyebabkan meterannya bergeser. Lihat saja ke cermin.
  • Tambahkan 2 inchi (5 cm) pada ukuran untuk pakaian apapun bila kamu ingin sedikit longgar, seperti kemeja. Selalu bawalah hasil pengukuran itu ketika membeli baju.

[Fesyen Zee | via wikihow]
loading...