IBX5980432E7F390 Contoh Amalan dan Doa Ketika Menempati Rumah Baru Atau Pindah Rumah - FesyenZee Blogs

Contoh Amalan dan Doa Ketika Menempati Rumah Baru Atau Pindah Rumah

loading...
Contoh Amalan dan Doa Ketika Menempati Rumah Baru Atau Pindah Rumah - Sebagai umat muslim doa merupakan perisai yang sangat kokoh dan penting, itu sebabnya ketika hendak melakukan sesuatu sangat dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Baik dalam hal menempati rumah baru atau pindah rumah misalnya, Anda diharuskan berdoa terlebih dahulu sebelum menempati rumah yang baru agar memberikan keberkahan, aman, dan nyaman bagi yang menempati.
contoh doa masuk rumah baru, contoh doa syukuran rumah, doa menempati rumah baru bahasa arab, tata cara pindah rumah menurut islam, doa pindah rumah dalam bahasa arab, bacaan doa selamatan rumah baru, kumpulan doa pindah rumah, doa menempati kantor baru, ucapan menempati rumah baru
contoh doa masuk rumah baru, contoh doa syukuran rumah, doa menempati rumah baru bahasa arab, tata cara pindah rumah menurut islam, doa pindah rumah dalam bahasa arab, bacaan doa selamatan rumah baru, kumpulan doa pindah rumah, doa menempati kantor baru, ucapan menempati rumah baru

Ada beberapa doa yang bisa Anda amalkan ketika hendak menempati rumah baru Atau Pindah Rumah, Diantara Amalan-amalan atau Doa-doa yang sangat dianjurkan ketika Anda pindah rumah atau menempati rumah baru agar memperoleh keberkahan adalah sebagai berikut,

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan bersyukur kepada Allah


Sebagaimana Allah SWT firmankan,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Ingatlah ketika Tuhanmu mengumumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Untuk lebih menyempurnakan rasa syukur Anda pada Allah atas rezeki berupa rumah baru yang sudah diberikan, maka dianjurkan untuk mengadakan acara syukuran, walimah atau pesta, dengan mengundang kerabat dan tetangga untuk makan-makan. Akan lebih baik lagi juka mengundang Anak-anak yatim untuk menghadiri acara Syukuran rumah baru yang akan kita tempati. Walimah atau syukuran ini dalam istilah hadits disebut dengan nama Al-Wakirah. Para Jumhur ulama sangat menganjurkan untuk mengadakan acara syukuran terlebih dahulu ketika menempati rumah baru atau pindah rumah, diantara ulama yang menganjurkan adalah Imam As-Syafii. Beliau mengatakan tentang Al-Wakirah:

ومنها الوكيرة، ولا أرخص في تركها

“Diantara bentuk walimah adalah Al-Wakirah. Saya tidak memberi kelonggoran untuk meninggalkannya.” (Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, 8/207)

2. Ketika hendak memasuki rumah baru, Anda sangat dianjurkan untuk membaca doa ini.


مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

MASYAA ALLAH, LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Doa ketika akan menempati rumah baru atau doa pindah rumah ini bersumber dari firman Allah dalam surat Al-Kahfi yang berbunyi,

وَلَوْلَا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ إِن تُرَنِ أَنَا أَقَلَّ مِنكَ مَالاً وَوَلَداً

“Mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.” (QS. Al-Kahfi: 39)

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sa’d bin Abi Waqqash berkata; aku mendengar Khaulah bintu Hakim As Sulamiyyah berkata; aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a: ‘A’AUUDZU BI KALIMAATILLAHIT TAAMMAH MIN SYARRI MAA KHALAQ. niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.”

Rasulullah SAW pun sudah mencontohkan ketika sedang memasuki daerah lain, atau tempat-tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya / menempati rumah yang sudah lama kosong atau memasuki rumah baru dengan membaca basmalah terlebih dahulu, serta melantunkan doa sebagai berikut:

ALLAHUMMA INNII AS`ALUKA KHAIRAL MAULAJ WA KHAIRAL MAKHRAJ BIMILLAH WALAJNAA WA BISMILLAHI KHARAJNAA WA ‘ALAALLAHI RABBINAA TAWAKKALNAA

(Ya Allah, sesungguhnya aku minta kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluar. Dengan menyebut nama Allah, kami masuk (rumah) dan dengan menyebut nama Allah kami keluar).

Sebagaimana yang sudah disabdakan baginda Rasulullah SAW yang artinya,

“Jika seorang laki-laki masuk ke dalam rumahnya hendaklah ia membaca: ALLAHUMMA INNII AS`ALUKA KHAIRAL MAULAJ WA KHAIRAL MAKHRAJ BIMILLAH WALAJNAA WA BISMILLAHI KHARAJNAA WA ‘ALAALLAHI RABBINAA TAWAKKALNAA, Setelah itu hendaklah mengucapkan salam kepada keluarganya.”


3. Dan yang terakhir Anda sangat dianjurkan pula untuk dibacakan surat Al Baqarah


Hal ini  seperti yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya syetan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah.”

Demikianlah Amalan dan Doa Ketika Menempati Rumah Baru Atau Pindah Rumah, Dengan doa diatas, insya Allah rumah yang akan anda tempati selalu menjadi tempat bernaung yang diberkahi oleh Allah dan dihindarkan dari segala marabahaya yang mengancam. Semoga Allah selalu memberkahi Anda semua. Aamiin
loading...
frontpage hit counter